Fresh Graduate, Ini 5 Cara Cerdas Mengisi Waktu Luang Saat Nganggur

Wisuda memang menjadi momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang. Apalagi setelah bertahun-tahun lamanya menempuh pendidikan, pastinya ada perasaan lega karena telah berhasil menyelesaikan salah satu kewajiban.

Namun tanpa disadari, bersamaan dengan momen saat wisuda,  itu berarti kamu akan sekaligus menyandang 2 gelar, yakni fresh graduate dan pengangguran.

Ini terkadang menjadi hal yang tidak mengenakkan bagi para fresh graduate  dimana kamu pasti akan merasa jenuh sekaligus khawatir, karena menunggu panggilan kerja yang tak kunjung datang.

Nah, buat kamu para fresh graduate apalagi yang hingga kini masih menganggur, lebih baik manfaatkan waktu luangmu dengan 5 hal ini. Dijamin, kamu pasti akan cepat terbebas dari jerat pengangguran.

  • Menjadi relawan di suatu komunitas atau organisasi

Bergabung menjadi relawan di suatu komunitas bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengisi waktu luang saat menganggur. Akan ada banyak manfaat yang kamu dapat melalui kegiatan-kegiatan yang ada dikomunitas.

Selain kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berharga, hal ini juga bisa membuat CVmu menjadi lebih menarik lho karena beberapa perusahaan pasti akan memberikan penilaian khusus terhadap orang-orang yang mau memanfaatkan waktunya untuk kegiatan positif.

  • Mengikuti workshop atau pelatihan kerja

Kegiatan produktif selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang adalah dengan mengikuti workshop atau pelatihan kerja.

Kamu harus tahu, bahwa nilai IPK dan pengalaman organisasi saja belum cukup menjadi modal untuk melamar pekerjaan. Mengingat di luar sana juga ada banyak ribuan pencari kerja yang mungkin bernasib sama sepertimu. Untuk itu melalui kegiatan pelatihan kerja, kamu bisa menambah hard skill-mu atau kemampuan di luar jurusan yang kamu tekuni. Sehingga hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan karena kemampuanmu yang cukup banyak di luar bidang yang kamu tekuni.

  • Mengasah hobi yang berkaitan dengan pekerjaan profesional

Jika kamu memiliki hobi menulis, fotografi, desain grafis atau hobi yang  berkaitan dengan pekerjaan profesional lainnya, kamu bisa banget lho menjadikan hobi tersebut sebagai pelarian untuk mengisi waktu luangmu saat menganggur.

Bahkan ini bisa menjadi nilai tambah untukmu ketika akan melamar suatu pekerjaan nantinya. Karena seseorang yang memiliki hobi relevan dengan pekerjaan profesional, akan memudahkan perusahaan untuk menggambarkan posisi pekerjaanmu nantinya. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga menjadi lebih besar.

  • Mengikuti kursus bahasa

Kemampuan bahasa juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan ataupun organisasi dalam merekrut karyawannya. Banyak orang yang dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan hanya karena kemampuan bahasa yang dimiliki.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan waktu luangmu untuk mengikuti kursus bahasa. Ini juga bisa menjadi modal yang kuat untukmu dalam melamar suatu pekerjaan.

  • Membuka bisnis baru

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para fresh graduate setelah lulus adalah mereka hanya menunggu dan bergantung pada panggilan kerja tanpa melakukan suatu usaha apapun. Daripada hanya terus-terusan nunggu interview kerja, mungkin akan lebih baik jika kamu dapat memanfaatkan waktu luangmu untuk memulai merintis bisnis baru.

Akan ada banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan oleh fresh graduate bahkan dengan modal yang kecil sekalipun. Misal bisnis di bidang kuliner bahkan hingga bisnis di bidang jasa bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu memiliki skill-nya.

Nah itu tadi adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang saat menganggur. Jadi gimana guys, apa kamu tertarik untuk mencobanya?

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *